Saturday 16 November 2013

TUTUR KATA ROSULULLAH



Aisyah pernah menceritakan bagai mana Rosulullah bertutur kata,
“Rosulullah tidak lah berbicara seperti yang biasa kamu lakukan ( yaitu berbicara dengan nada cepat). Namun beliausholoallah hualaiwasalam bericara dengan nada perlahan dan dengan perkataan yang jelas dan terang lagi mudah dihafal oleh orang yang mendengarnya. “
(riwayat abu daud)

Beliu adalah seorang rendah hati dan lemah lembut, sangat senang jika perkataanya dapat di pahami. Diantara bentuk kepedulian beliau terhadap umat ialahdengan memerhatikan tingkatan-tingkatanintelektualitas dan pemahamanmereka dalm berkomunikasi. Hal tersebut menunjukan bahwa beliau adalah seorang yang sangat penyantun lagi sabar. Diriwayatkan dari ‘Aisyah  (Nabi Muhammad) bahwa ia berkata.
                Tutur kata Rasulullah sangat teratur , untaian demi untaian kaliat tersusundengan rapi, seinggamudah dipahami olehorang yang mendengarkannya.” (Riwayat Abu Daud)
                Cobalah perhatikan kelemahlembutan dan keluasan hati Rasulullah, beliau sudi mengulangi perkataan agar dapat dipahami. Anas bin Malik menceritakan,
                “Rasuluullah sering mengulangi perkataanya tiga kali agar dapat dipahami.”(Riwayat Al-Bukhori)
Rasulullah selalu berlaku lemah lembut kepada orang lain. Dengan sikap seperti itulah orang-orang menjadi takut, segan, serta hormat kepada beliau! Suatu ketika ada seorang laki-laki datang menemui Rasululah, beliau mengajak laki-laki itu berbicra sehingga membuatnya menggigil ketakutan. Rasulullah berkata kepadanya:
Tenangkanlah dirimu! Sesunngguhnya aku bukanlah seorang raja. Aku hanyalah putra seorang wanita yang biasa memakan dendeng.”(Riwayat Ibnu Majah)

No comments:

Post a Comment