Friday 20 January 2017

MODAL UTAMA UNTUK SUKSES MENJALIN RELASI

Kita semua pasti setuju bahwa membangun dan memiliki relasi sangatlah penting. Banyak orang mengatakan relasi memiliki andil besar bagi kesuksesan seseorang. Dalam bisnis, relasi bahkan menjadi hal utama dalam membangun sebuah usaha. Relasi memiliki kekuatan untuk mengubah hidup menjadi luar biasa. Seorang Donald Trump pernah berkata, jika dia kehilangan semuanya, maka yang segera di cari adalah perusahaan network marketing yang bisa di percaya.

Seabagai mahluk sosial, pada dasarnya membangun relasi dengan sesama merupakan insting alami yang menjadi kebutuhan setuap orang. Hubungan relasi yang terjalin dengan baik pada  gilirannya menjadi sarana tumbuhnya kepercayaan. kepercayaan yang tercipta ini sangat bermanfaat untuk berbagai hal dalam kehidupan, kepercayaan menjadi modal berharga yang tak tergantikan.

Dari sini terlihat bahwa, siapa yang memiliki peluang besar berhasil dalam karir dan kehidupan. pepatah lama mengatakan, " Bukan apa yang anda tahu, tetapi siapa yang anda kenal." pepatah ini mengisyaratkan bahwa, hubungan relasi biasanya lebih penting daripada pengetahuan khusus. Dalam dunia bisnis, ketika jaringan atau relasi atau network sudah terbentuk, segala strategi bisnis mudah di realisasikan, karena saluran komunikasi terjalin dalam lancarnya,

Dalam hal ini relasi dapat di bedakan menjadi
  • Relasi ke dalam  : relasi kedalam berupa antara individu dengan dirinya sendiri.
  • Relasi ke luar  :  relasi keluar berupa antar inividu dan lingkunganya. lingkungan yang di maksud mencakup semua hal di luar diri seseorang. antara lain relasi dengan sesama, relasi dengan tuhan, dan relasi degan alam.

Membangun relasi membutuhkan kemampuan tersendiri yaitu :
  •  Soft Skill : diartikan kemampuan yang bersifat abstrak, mencakup kecakapan - kecakapan dalam berinteraksi, berkomunikasi, serta kemampuan lainya yang terkait kapasitas kepribadian seseorang. jika di analogikan, kemampuan yang di miliki manusia dapat di ibaratkan sebagai gunung es. yang nampak di luar permukaan air ialah kemampuan hard skill ( kemampuan teknis; kecerdasan intelektual), sedangkan kemampuan yang berada di bawah permukaan air dan memiliki porsi yang paling besar ialah kemampuan soft skill ( kemam non skill).
 Dalam keberhasilan berinteraksi dengan orang lain. sangat besar manfaatny dalam membangun  relasi yang baik, maka setidaknya harus mempunyai 3 syarat :
  • karakter - karakter yang menjadikapasitas pibadi seseorang,
  • kemampuan dalam berkomunikasi
  • kecakapan mengelola emosi



sumber :
  •  teguh sutanto / sukses menjali relasi 
  • foto bapak Ferry Purnomo

No comments:

Post a Comment